Tuesday, April 7, 2015

Arti Simbol Pada Label Pakaian

Jika anda tidak atau belum memahami arti dari gambar-gambar tersebut tidak menutup kemungkinan anda malah akan merusak pakaian anda sendiri walaupun sebetulnya tujuan anda adalah untuk merawatnya. Karena ada beberapa pakaian yang dalam perawatannya memerlukan perlakuan khusus yang semua pemberitahuan itu terdapat pada gambar-gambar pada label tersebut. Baik, saya tidak akan berpanjang lebar lagi (padahal udah panjang plus lebar banget malahan) Langsung saja berikut penjelasannya.

1. Simbol cara mencuci

Simbol-simbol diatas menunjukan temperatur/suhu dalam mencuci yang salah satunya ditunjukkan dengan menggunakan nomor selain itu juga ada yang menggunakan titik(dot). Jadi semakin banyak titik(dot) berarti semakin tinggi temperatur/suhu yang dibutuhkan untuk mencuci pakaian tersebut. Namun Jika ada tanda (-) di bawah tulisan temperatur, itu berarti pakaian tersebut membutuhkan perlakuan khusus pada bahan sintetik pakaian. Jika ada dua tanda (-) di sana, berarti pakaian tersebut membutuhkan perlakuan wool-wash yang tidak bisa dicuci di sembarang mesin. namun, jika Anda tidak menemukan satu pun tanda (-), maka Anda bebas mencuci dengan cara dan kondisi apapun di bawah suhu 40 derajat Celcius. Sedangkan jika terdapat gambar/simbol mencuci dengan tangan berarti pakaian tersebut wajib di cuci menggunakan tangan dan tidak boleh menggunakan mesin karena dapat mengakibatkan pakaian cepat rusak atau bahkan bisa rusak dengan seketika.

2. Simbol pemakain pemutih

Simbol Segitiga diatas menunjukan boleh tidaknya anda menggunakan pemutih dalam menghilangkan noda yang melekat pada pakaian anda. Jika terdapat simbol segitiga tanpa ada silang itu berarti anda boleh menggunakan pemutih jika memang itu dibutuhkan. Namun, sebaliknya jika terdapat Simbol segitiga yang ada silangnya itu berarti anda dilarang untuk menggunakan pemutih.

3. Simbol cara pengeringan

Dalam simbol ini terdapat petunjuk cara pengeringan yang benar dengan digambarkan sebuah lingkaran didalam sebuah kotak. Untuk tanda titik didalamnya menunjukkan tinggi temperatur/suhu yang dibutuhkan. Jika titik satu itu artinya suhu yang dibutuhkan dalam proses pengeringan menggunakkan suhu rendah, dan sebaliknya jika terdapat 2 titik didalam lingkaran tersebut berarti pakaian anda membutuhkan suhu tinggi untuk proses pengeringan. Namun jika terdapat silang dalam simbol tersebut maka anda dilarang untuk malakukan proses pengeringan dengan menggunakan mesin.

4. Simbol cara menyetrika

Pada simbol ini yang harus diperhatikan adalah jumlah titik yang ada. Jika 1 titik maka anda harus menggunkan suhu rendah dalam menyetrika, 2 titik dengan suhu sedang dan 3 titik berarti agar bisa menghasilkan pakaian yang halus anda memerlukan suhu yang tinggi dalam menyetrika. Sisannya, jika terdapat silang pada simbol tersebut maka anda tidak disarankan untuk menyetrika pakaian tersebut.

5. Simbol dry cleaning

Dry clean bertujuan untuk menghilangkan noda membandel seperti tanah liat, cat, atau bahan kimia yang tumpah dan menempel, dengan menggunakan sedikit air, atau bahkan tanpa bantuan air sama sekali. Metode membersihkan ini memang cukup ampuh. Namun sayangnya, pakaian seringkali mengkerut atau warnanya pudar. Jadi, perlu dilihat benar apakah pakaian Anda memerlukan perlakuan khusus ini atau malah tidak. Untuk memastikannya, coba lihat simbol diatas berupa gambar lingkaran. Anda diijinkan melakukan dry cleaning jika ada simbol lingkaran di label pakaian. Jika yang ditemukan adalah gambar lingkaran dan dicoret dengan tanda silang, berarti Anda tidak diperbolehkan dry cleaning. Jangan lupa, perhatikan pula logo P/A/F di dalam lingkaran, karena ini berarti drycleaning harus dilakukan oleh profesional.

Mudah-mudahan informasi diatas dapat membantu anda dalam merawat pakaian kesayangan anda.

No comments:

Post a Comment