Tuesday, April 7, 2015

Aneka Jenis Pasta Sablon



1. Pigmen.
Jenis pasta ini mempunyai sifat cair dan mudah meresap ke serat bahan, dan hanya dipakai untuk bahan kaos warna terang alias tidak bisa di pakai untuk bahan berwarna gelap.

2. Rubber / GL.
pasta jenis ruber dipakai untuk
bahan kaos berwarna gelap maupun terang, sering disebut pasta karet karena terbuat dari karet dan cairan khusus lainnya,sifat dari pasta ini adalah lentur dan mengkilap.

3. Pasta Plastisol.
pasta Plastisol ini banyak dipakai para pengusaha sablon khususnya untuk jenis High Density dan jenis sablon raster yang membutuhkan hasil warna yang sangat detail. Plastisol akan menghasilkan sablon yang optimal dan memiliki daya rekat yang sangat baik. pasta ini sering digunakan untuk menciptakan efek-efek yang menakjubkan seperti high density. Dan t-shirt yang menggunakan tinta plastisol selalu diberi peringatan "Do not iron on design", sebab tinta ini akan meleleh jika terkena panas secara langsung dari setrika.

4. Super White.
Jenis tinta super white sifatnya hampir sama dengan tinta rubber (GL), dimana handfeel dari tinta super white lebih lembut dibandingkan rubber. Tinta Super White sangat baik digunakan untuk tehnik sablon di kain berwarna gelap, mampu menghasilkan warna putih yang cemerlang dan dengan daya tutup yang baik.

5. Pasta Gliters.
Pasta gliters ini terdiri dari partikel – partikel kecil dengan ukuran micron tersedia dengan berbagai jenis warna dan efek (metalik, hologram, pelangi).

6. Pasta Discharge / cabut warna.
 Tehnik sablon dengan menggunakan pasta yang satu ini hanya untuk jenis bahan kaos cotton, karena jenis tinta ini berfungsi untuk melunturkan atau merontokan warna hasil dari pencelupan kain kaos, sehingga akan memunculkan kembali warna dasar dari bahan atau lebih ekstrimnya warna benang kaos yang sebenarnya.

7. Pasta Glow in the Dark.
pasta jenis ini terdiri dari dua komponen, yaitu serbuk fosfor & medium. Serbuk fosfor ini yang ngebuat tinta ini bisa nyala di kegelapan, untuk hasil yang maksimal sebaiknya bahan kaos dengan warna dasar berwarna terang untuk menghasilkan warna glow.

8. Pasta reflektif
Pasta jenis ini dapat memantulkan cahaya jika terkena sinar

9. Foaming
Pasta ini dapat memberikan efek timbul, timbul yang dihasilkan bundar dengan efek warna kusam. seperti busa yang menempel pada baju.

10. Plastisol timbul
Pasta ini juga memberikan efek timbul, timbul yang dihasilkan persegi dengan efek warna yang mengkilap. Seperti lembaran karet di baju.

11. Pasta Track Top
Pasta ini akan merekah ketika dikeringkan, memberikan efek unik pada kaos

12. Naturade Suade
Pasta ini memberikan efek mirip seperti lempengan kulit, solid dan berbahan solvent base (minyak/plastisol)

13. Bludru
Bulu-bulu halus yang direkatkan pada permukaan baju

14. Foil
 Lempengan paper dengan warna-warna chrome, seperti emas, silver, pelangi dll..

No comments:

Post a Comment